Ilustrasi kulkas, menyimpan makanan di kulkas.
Ilustrasi kulkas, menyimpan makanan di kulkas. ( SHUTTERSTOCK/DRAGON IMAGES)

Berikut Cara Bersihkan Karet Pintu Kulkas dan Waktu Menggantinya

22 Juni 2023 07:45 WIB

SonoraBangka.id - Kulkas sebaiknya dibersihkan secara rutin dan menyeluruh agar bagian dalamnya tetap dingin. Jika kulkas terjaga dinginnya, maka bahan makanan di dalamnya bakal lebih awet. Salah satu bagian kulkas yang tidak boleh ketinggalan untuk dibersihkan yaitu karet pintu kulkas. Letaknya menempel mengelilingi semua pintu kulkas dan freezer. Karet elastis tersebut berfungsi membuat pintu kulkas tetap kedap udara sehingga udara dingin di dalamnya tidak keluar. Begitu pula dengan udara hangat dari ruangan tidak masuk ke dalam kulkas. Lantas bagaimana cara membersihkan karet pintu kulkas dan kapan saat tepat menggantinya? Simak ulasan berikut.

Cara membersihkan karet pintu kulkas

Menurut The Kitchn, karet pintu kulkas yang kotor biasanya tetap bisa menempel tetapi tidak sebaik ketika karetnya bersih. Apabila karet tidak menempel sempurna, kulkas akan bekerja lebih keras untuk mendinginkan bahan makanan di dalamnya. Karet pintu kulkas yang kotor juga bisa lengket atau sobek.

Masalah lain yang bakal timbul adalah munculnya embun beku atau bunga es di dalam kulkas. Cara membersihkan karet pintu kulkas dapat menggunakan campuran cuka dan air dengan rasio 1:2. Setelah itu, ambil sikat gigi bekas, celupkan ke dalam campuran air cuka. Selanjutnya, oleskan ke karet pintu kulkas. Cara tersebut bisa menghilangkan kotoran yang menempel pada karet tanpa merusaknya. Campuran sabun cuci piring dan air hangat juga dapat digunakan untuk membersihkan karet pintu kulkas. Oleskan sedikit petroleum jelly pada permukaan karet pintu kulkas agar umurnya lebih lama.

Waktu tepat mengganti karet pintu kulkas

Sembari membersihkan karet pintu kulkas, perhatikan juga kondisinya. Apakah ada bagian karet yang pecah, sobek, atau terlipat. Ketiga kondisi tersebut dapat membuat kinerja karet pintu kulkas kurang maksimal. Apabila menemukan ketiga kondisi tersebut dan tergolong parah, sebaiknya segera ganti karet pintu kulkas. Membiarkan karet pintu kulkas rusak dapat memungkinkan udara hangat masuk ke dalam kulkas. Efeknya yaitu penumpukan bunga es dan kulkas kurang dingin.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cara Bersihkan Karet Pintu Kulkas dan Waktu Menggantinya", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/06/19/150500275/cara-bersihkan-karet-pintu-kulkas-dan-waktu-menggantinya.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm