Ilustrasi ruang bermain anak
Ilustrasi ruang bermain anak ( SHUTTERSTOCK / Studio Romantic )

Tips dari Psikolog Tentang Bagaimana Cara Mengatur Ruang Bermain Anak

19 Juli 2023 20:40 WIB

SonoraBangka.id - Pemilihan ruang untuk bermain dan belajar anak di rumah tidaklah harus besar. Sudut ruang yang kecil dapat dimaksimalkan.

Ya memang, mengatur ruang bermain anak bukan sesuatu yang mudah.

Apalagi di masa pandemi beberapa tahun belakangan, ruang bermain anak sangat terbatas, mengingat anjuran untuk tetap di rumah saja. 

Saat bermain di rumah, muncul kekhawatiran kita sebagai orang tua yakni ruangan yang kotor.

Padahal bermain adalah hak anak, oleh karena itu orang tua memiliki kewajiban menciptakan tempat bermain yang nyaman dan aman. 

Pritta Tyas, M.Psi, Psikolog yang juga merupakan founder Bumi Nusantara Montessori & Parents Educator mengungkapkan pentingnya bermain bagi anak. 

Dalam acara 'Berani Main di Lantai' dari SoKlin Lantai pada 18 Juli kemarin, Pritta menjelaskan tentang bermain dan belajar bagi anak. 

"Belajar dan bermain pada anak pada dasarnya tidak berbeda. Pembeda biasanya datang dari orang tua, kalau menyusun puzzle bermain, kalau mengerjakan worksheet itu belajar. Padahal bermainnya anak itu bagian dari proses belajar," ujar Pritta. 

Dirinya kemudian menjelaskan tentang hands on learning pada anak yang berlaku sampai usia 8 tahun. 

Sampai usia 8 tahun, anak akan belajar tentang matematika jika ia memegang langsung balok atau kubus untuk disusun. 

SumberParapuan.co
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm