Proses re-wiring atau pengkabelan ulang saat servis motor listrik(KOMPAS.com/daafa alhaqqy)
Proses re-wiring atau pengkabelan ulang saat servis motor listrik(KOMPAS.com/daafa alhaqqy) ( KOMPAS.COM)

Ciri-ciri Motor Listrik Rusak dan Butuh Servis

23 Juli 2023 17:48 WIB

SONORABANGKA.ID - Ketika sepeda motor listrik bermasalah, ada beberapa kendala kerusakan yang bisa dengan gampang diidentifikasi.

Pengguna juga tidak perlu terlalu panik, kerusakan minor yang mempengaruhi performa motor listrik tentunya merupakan hal wajar. Boleh jadi, kendalanya juga tidak terlalu besar.

Adyta Muhammad Sina, pemilik bengkel spesialis motor listrik EVCentrum menjelaskan, gejala-gejala kerusakan awal pada motor listrik cukup serupa dengan motor konvensional.

“Walaupun bahan bakarnya keduanya (motor listrik dan bensin) beda, kan masih tergolong kendaraan yang pakai penggerak. Jadi kurang lebih prinsipnya sama,” ucapnya kepada Kompas.com di Tangerang, Jumat (21/7/2023).

Gejala awal yang banyak dijumpai pada motor listrik yakni nggradak atau ngadat. Sensasinya cukup serupa dengan motor matik yang memiliki masalah di CVT.

Motor listrik yang ngadat akan mengalami penurunan akselerasi, tarikan terasa berat dan lebih lemot. Pada beberapa situasi, kecepatannya bisa menurun hingga di bawah 20 kpj saja.

Adyta menjelaskan, gejala semacam ini umumnya terjadi pada motor listrik jenis hub-drive alias penggerak belakang. Jenis ini banyak sekali beredar di pasaran.

“Ada dua kemungkinan, antara dinamo kotor atau phase (kabel tegangan) menempel, Seringnya dua itu,” ujarnya.

Ada beberapa faktor yang memunculkan dua kendala tersebut. Dinamo yang kotor biasanya diakibatkan pemakaian yang keliru dan motor listrik sering menerobos banjir.

Sedangkan kabel tegangan menempel, biasanya merupakan akibat motor listrik jatuh atau terbentur. Bisa juga karena kabel getas.

Penanganan keduanya ternyata cukup mudah, yakni pembersihan total untuk kasus dinamo kotor, atau membungkus dan mengatur ulang kaber tegangan.

“Memang harus dibongkar, tapi bukan kasus serius yang efeknya fatal sekali. Bisa dibilang, ini kategori kerusakan minor saja,” ucap Adyta. Terkait biaya penanganan, harganya juga tidak terlalu mahal, yakni berkisar antara Rp 250.000 sampai Rp 300.000, termasuk biaya jasa.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Tanda-tanda Motor Listrik Rusak dan Butuh Servis", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/07/23/082100015/tanda-tanda-motor-listrik-rusak-dan-butuh-servis.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm