Ilustrasi jus dan buah semangka.(SHUTTERSTOCK/Little Hand Creations)
Ilustrasi jus dan buah semangka.(SHUTTERSTOCK/Little Hand Creations) ( KOMPAS.COM)

Semangka Memiliki Sejumlah Efek Samping, Berapa Batas Aman Konsumsinya?

14 Agustus 2023 20:33 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Semangka kaya akan kandungan vitamin, mineral, dan antioksidan sehat yang menunjang pola makan seimbang bebas lemak.

Menurut Kementerian Kesehatan, semangka merupakan buah dengan kadar air tinggi, yakni mencapai 92 persen, yang bisa membantu mencegah dehidrasi.

Buah dengan nama ilmiah Citrullus lanatus ini juga didapuk sebagai sumber vitamin A, B6, dan C yang sangat baik.

Bukan hanya itu, dilansir dari NDTV, semangka mengandung kalium dan bahan kimia nabati bermanfaat, seperti likopen dan sitrulin.

Kandungan seratnya pun membuat buah yang identik dengan warna merah ini berkhasiat untuk melancarkan sistem pencernaan dan menurunkan berat badan.

Sayangnya, di balik segala manfaat, konsumsi semangka berlebihan dapat menyebabkan beberapa efek samping tidak menyenangkan bagi tubuh.

Lantas, apa saja efek samping semangka?

Efek samping semangka

Mengonsumsi semangka terlalu banyak dapat memberi beberapa efek samping tidak terduga. Meski sejumlah efek samping masih belum terbukti oleh penelitian ilmiah.

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut efek samping semangka bagi tubuh yang telah didukung penelitian:

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm