Layanan uji emisi gratis bagi kendaraan roda empat berbahan bakar bensin dan solar, digelar di kawasan CNi, Kembangan, Jakarta Barat, pada Selasa (5/7/2022).(Kompas.com/MITA AMALIA HAPSARI)
Layanan uji emisi gratis bagi kendaraan roda empat berbahan bakar bensin dan solar, digelar di kawasan CNi, Kembangan, Jakarta Barat, pada Selasa (5/7/2022).(Kompas.com/MITA AMALIA HAPSARI) ( KOMPAS.COM)

Razia Emisi Kendaraan Jauh dari Efektif Untuk Kurangi Polusi Ibu Kota

28 Agustus 2023 17:39 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bersama Polda Metro Jaya akan menggelar razia emisi gas buang kendaraan bermotor. Tapi, menurut pengamat, langkah tersebut dinilai tidak efektif untuk menekan polusi udara.

Dengan menggelar razia emisi kendaraan bermotor, diharapkan para pemilik kendaraan senantiasa menjaga performa mesin. Sehingga, emisi yang dihasilkan tetap rendah atau di bawah ambang batas.

Budiyanto, pemerhati masalah transportasi dan hukum, mengatakan, rencana pemeriksaan dan pemberian sanksi kepada kendaraan bermotor yang emisi gas buangnya melebihi batas toloransi, tidak akan efektif untuk menekan polusi udara di Jakarta.

"Dilihat dari teknis pelaksanaan, dengan memasangkan alat pendeteksi knalpot kendaraan, akan memerlukan waktu yang lama dan akan berdampak kepada masalah lalu lintas, yakni kemacetan," kata Budiyanto, dalam keterangan resminya.

"Seharusnya pemerintah mendorong masyarakat pemilik kendaraan bermotor untuk memeriksakan kendaraan atau uji emisi pada bengkel-bengkel yang disiapkan oleh pemerintah secara gratis," ujarnya.

Selanjutnya, para pemilik kendaraan akan mendapatkan sertifikat lulus uji emisi. Bagi yang tidak mendapatkannya, maka bisa dikenakan tilang.

"Dengan bekal sertifikat kelulusan atau catatan tadi, petugas tadi lebih gampang melakukan tilang, tidak membutuhkan waktu yang lama yang akan berdampak kepada masalah-masalah kemacetan," ujar Budiyanto.

"Dengan demikian, rencana pemeriksaan emisi gas buang dengan memasangkan alat pendeteksi, saya menilai kurang efektif," kata Budiyanto.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Razia Emisi Kendaraan Jauh dari Efektif Kurangi Polusi Ibu Kota", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/08/28/094200415/razia-emisi-kendaraan-jauh-dari-efektif-kurangi-polusi-ibu-kota.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm