Kereta Cepat Jakarta-Bandung bersiap untuk keberangkatan di Stasiun Padalarang, Rabu (13/9/2023).
Kereta Cepat Jakarta-Bandung bersiap untuk keberangkatan di Stasiun Padalarang, Rabu (13/9/2023). ( Bagus Puji Panuntun)

Uji Coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung Gratis Dimulai untuk Masyarakat Sekitar Jalur KA

15 September 2023 16:30 WIB

SonoraBangka.ID - Uji coba kereta cepat Jakarta-Bandung (KCJB) untuk masyarakat dimulai hari ini, Jumat (15/9/2023).

Namun, peserta hanya dari kalangan masyarakat sekitar proyek KCJB yang terdampak pembangunan. Artinya, uji coba operasional terbatas secara gratis ini masih belum dibuka untuk umum.

Hal ini diungkapkan oleh Manager Corporate Communication KCIC Emir Monti, Jumat (15/9/2023).

Pasalnya, uji coba operasional terbatas ini akan dilaksanakan untuk undangan seperti pihak internal KCIC dan shareholder serta masyarakat sekitar proyek KCJB yang terdampak pembangunan.

Setelah peserta undangan, barulah KCIC akan membuka uji coba kereta cepat untuk masyarakat umum.

"Betul (uji coba kali ini hanya untuk masyarakat sekitar), sesuai arahan. Kan memang yang prioritas dulu yang warga terdampak kan, makanya kami mengundang berkoordinasi dengan pihak kecamatan di sekitar jalur kereta api," ujarnya.

Dia mengatakan, uji coba operasional untuk masyarakat terdampak rencananya akan melalui rute Stasiun Halim sampai Stasiun Tegalluar dan akan dilakukan dalam dua perjalanan pada pukul 10.00 WIB dan 14.00 WIB.

Kemudian uji coba untuk masyarakat sekitar jalur rel kereta cepat ini akan dilanjutkan pada Sabtu (16/9/2023). Namun, Emir belum dapat memastikan berapa jumlah peserta yang akan ikut uji coba dan jumlah perjalanan kereta cepat. 

"Yang hari ini pagi dan siang. Besok kita lihat lagi perkembangannya apakah di pagi aja semua di full-in berapa ratus itu lihat perkembangannya," jelasnya.

Dia menjelaskan, dalam melaksanakan uji coba untuk masyarakat sekitar ini pihaknya terus berkoordinasi dengan kecamatan sekitar jalur kereta cepat untuk memastikan jadwal dan jumlah warga yang menjadi peserta uji coba.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm