Ilustrasi pakcoy.
Ilustrasi pakcoy. ( SHUTTERSTOCK/A_Zamroni)

Aman Beli yang Daunnya Berlubang?, Berikut 3 Cara Pilih Pakcoy Segar

1 Oktober 2023 14:54 WIB

SonoraBangka.id - Pakcoy tak hanya bisa diolah menjadi makanan. Kamu juga dapat memanfaatkannya sebagai bahan baku minuman. Misalnya, membuat jus, smoothie, hingga moktail dari pakcoy. Tipsnya, gunakan sayuran segar supaya rasa minuman lebih nikmat.

Cara memilih pakcoy segar di pasar cukup mudah. Beberapa ciri fisik sayuran bisa kamu lihat dan pilah sebelum membelinya. Tri Wahyudi, Food and Beverage Manager Hotel Aryaduta Semanggi, menjelaskan cara memilih pakcoy segar di pasar berikut ini. 

1. Pilih pakcoy dengan daun berlubang

Menurut Tri, pakcoy dengan bentuk daun berlubang tidak harus dihindari. Justru, hal ini berarti sayuran ditanam tanpa pestisida sehingga lebih aman dikonsumsi. Pakcoy segar hanya perlu dicuci bersih sebelum dimasak atau diolah menjadi minuman. "Namun, bagi kami sebagai hotelier, sayuran harus segar dan bersih, itu plus minus karena harus mempertimbangkan tampilannya," jelas Tri. Pilihlah pakcoy organik dengan bentuk daun sayur yang segar tanpa bolong, bila memungkinkan.

2. Hindari membeli pakcoy berdaun kuning 

Pakcoy berwarna hijau segar. Bila disimpan terlalu lama, warnanya akan menguning dan daunnya layu. Kamu bisa menghindari ciri pakcoy seperti ini saat membelinya di pasar.

3. Batang pakcoy besar

Terlepas dari ukuran sayur yang kecil dan besar, coba perhatikan batang pakcoy sebelum membelinya. "Paling penting pakcoynya terlihat segar, biasanya kelihatan kembung karena kandungan airnya banyak," kata Tri saat ditemui Kompas.com usai acara peluncuran Asta Karya, Rabu (27/9/2023). Hindari juga batang pakcoy berbintik karena menandakan sayuran ini sudah tidak segar.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "3 Cara Pilih Pakcoy Segar di Pasar, Aman Beli yang Daunnya Berlubang? ", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/09/29/080800375/3-cara-pilih-pakcoy-segar-di-pasar-aman-beli-yang-daunnya-berlubang-.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm