Ilustrasi buang air besar()
Ilustrasi buang air besar() ( KOMPAS.COM)

Berapa Kali BAB Dikatakan Normal? Ini Untuk Penjelasan Dokter

1 Oktober 2023 22:00 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Buang air besar (BAB) merupakan kegiatan yang berkaitan dengan reaksi biologis.

Buang air besar (BAB) merupakan proses alamiah untuk membuang kotoRan sisa pencernaan dan metabolisme tubuh.

Kotoran harus dikeluarkan agar tidak menjadi racun dan bisa merusak tubuh.

Rutinitas BAB yang tidak lancar bisa menjadi sumber penyakit. Seseorang mempunyai rutinitas BAB yang lancar. Tapi sebagian lainnya tidak demikian.

Rata-rata atau frekuensi seseorang BAB satu atau dua kali dalam sehari, meski ada juga yang lebih dari itu, dikutip dari Kompas.com (19/5/2016).

Pagi hari merupakan waktu paling umum seseorang untuk BAB. Ini karena kebanyakan orang makan besar di malam hari, sehingga saat tidur makanan itu sudah cukup dicerna dan berada di posisi untuk dikeluarkan.

Lantas, berapa kali BAB dikatakan normal?

Penjelasan dokter

Dokter spesialis penyakit dalam RS PKU Muhammadiyah Bantul Yogyakarta Sumardi menjelaskan, umumnya frekuensi normal BAB yakni satu atau dua kali dalam sehari.

Walau begitu, menurutnya, ada beberapa orang yang frekuensi BAB normalnya sebanyak tiga hari sekali atau dua hari sekali.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm