Yoghurt bisa basi, tetapi ketahannya tidak sama, tetap bergantung pada pabrik pembuatnya.
Yoghurt bisa basi, tetapi ketahannya tidak sama, tetap bergantung pada pabrik pembuatnya. ( SHUTTERSTOCK/NOBUHIRO ASADA)

Jangan Sampai Salah Beli, Berikut Ini 3 Ciri Yoghurt Telah Basi

19 Oktober 2023 06:39 WIB

SonoraBangka.id - Makanan basi biasanya ditandai dengan bau menyengat dan rasa asam. Yoghurt memiliki rasa asam sehingga tidak mudah mengetahui kualitas olahan susu ini.

Namun, Dokter Spesialis Gizi Klinik, dr. Putri Sakti, mengonfirmasi bahwa yoghurt bisa basi, seperti dikutip berita Kompas.com yang tayang pada Minggu (21/5/2023). "Yoghurt bisa basi, tetapi tergantung pengolahan pabriknya," ujar dr. Putri.

Menurutnya, rasa dan aroma yoghurt basi juga akan berubah. Sama seperti yang terjadi pada makanan lainnya. Ia menyarankan untuk mencicip sedikit yoghurt sebelum menghabiskannya, demi memastikan keamanan konsumsi. Dilansir dari Eating Well, ada tiga ciri yoghurt basi yang bisa kamu temukan sebelum mengonsumsinya berikut ini. 

1. Kemasan yoghurt menggembung

Perhatikan kemasan yoghurt sebelum membelinya. Yoghurt basi biasanya memiliki wadah yang menggembung. Kemasan yoghurt menggembung menandakan adanya fermentasi dan pembusukan isi di dalamnya.

2. Tekstur yoghurt mencair 

Tekstur yoghurt umumnya kental. Sebaliknya, yoghurt bertekstur sangat cair perlu dicurigai sudah basi. Jika menemukan yoghurt terlihat encer di bagian atasnya, coba aduk hingga menyentuh bagian terbawah. Tekstur yoghurt yang berubah kian mencair saat diaduk menandakan kualitasnya mulai berubah dan sebaiknya tidak dikonsumsi.

3. Bau yoghurt sangat asam

Cium yoghurt setelah membuka kemasannya. Bau menyolok dari yoghurt bisa menandakan makanan ini sudah basi. Yoghurt seharusnya beraroma netral dan sedikit asam. Jika sudah tengik dan menyengat, jangan konsumsi yoghurt.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ketahui 3 Ciri Yoghurt Basi, Jangan Sampai Salah Beli", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/10/19/063200675/ketahui-3-ciri-yoghurt-basi-jangan-sampai-salah-beli.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm