Ilustrasi bihun kuah daging. (Dok. Sajian Sedap)
Ilustrasi bihun kuah daging. (Dok. Sajian Sedap) ( KOMPAS.COM)

Kenali Untuk Perbedaan Mi, Kwetiau, Bihun, Sohun, dan Misoa, Apa Saja?

22 Oktober 2023 17:18 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Mi, kwetiau, bihun, sohun, dan misoa termasuk bahan-bahan makanan yang kerap dikonsumsi masyarakat Indonesia.

Sekilas, makanan ini mirip berupa helaian mi panjang yang dimakan dengan cara digoreng, direbus, maupun sebagai bahan isian.

Tapi ternyata, mi, kwetiau, bihun, sohun, dan misoa memiliki perbedaan khusus. Makanan ini terbuat dari bahan, bentuknya, dan cara memasak yang berbeda.

Lalu, apa perbedaan mi, kwetiau, bihun, soun, dan misoa?

1. Mi

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), mi merupakan bahan makanan yang terbuat dari tepung terigu. Bentuknya seperti tali.

Mi biasanya dimasak dengan cara digoreng atau direbus. Sebagai pelengkap, mi akan diolah bersama daging, udang, sayuran, bumbu dan sebagainya.

Diberitakan Tasting Table, mi juga bisa dibuat dari ubi, rumput laut, umbi-umbian, tepung tapioka, kacang hijau, dan olahan dari sayur-sayuran lainnya.

Untuk membuat mi, adonan digiling dan dipotong memanjang. Garam akan ditambahkan dalam adonan untuk mencegah helai mi menyatu.

2. Kwetiau

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm