Ilustrasi dapur dengan kitchen island.
Ilustrasi dapur dengan kitchen island. ( Shutterstock/BM_27)

Tak Butuh Waktu Lama, Berikut 5 Cara Hilangkan Bau Usai Masak di Dapur

8 November 2023 20:22 WIB

SonoraBangka.id - Sering kali saat memasak terutama menggoreng, akan ada sisa aroma minyak yang masih tertinggal. Tenang saja, dengan mengikuti beberapa tips berikut ini, kamu bisa menghilangkan bau seusai memasak dalam sekejap dengan bahan sederhana. Cara ini bisa kamu ikuti, yang dapur rumahnya tidak memiliki cooker hood atau alat penyerap asap dan aroma. 

1. Rebus lemon

Kamu bisa merebus lemon hingga mendidih atau keluar uapnya, cara ini bisa menghilangkan bau menyengat sisa memasak di dapur. Kamu bisa menggunakan satu lemon yang mana dibagi menjadi dua potong. Tuang air dan masak hingga mendidih. Kira-kira masak selama 10 menit. Tambah dengan satu sendok makan soda kue ke dalam air untuk menghilangkan bau yang lebih menyengat.

2. Taruh cuka selama satu malam

Dilansir dari laman All Recipes, tuang soda kue atau cuka ke dalam wadah. Biarkan hingga selama satu malam. Jika kamu memasak, maka bau tidak sedap dari masakan atau minyak bisa terserap dengan maksimal. 

3. Buka jendela dapur

Jika kamu tidak memiliki cooker hood, pastikan dapur rumahmu dekat dengan jendela. Dengan begitu, kamu bisa membuka jendela dan ventilasi dekat dapur untuk meminimalisir adanya bau sisa masak yang terkepung di dapur.

4. Bunga aromatik

Kamu juga bisa menanam bunga aromatik di dekat jendela dapur. Beberapa bunga yang punya ciri khas harum bisa menyeimbangkan bau tidak sedap dari sekelilingnya.

5. Buatlah secangkir kopi

DItambahkan dari laman The Kitchn, aroma kopi di dapur bisa membantu menetralkan bau usai memasak. Gunakan ampas kopi yang mengandung nitrogen, sebarkan di sisi dapur untuk melawan bau tidak sedap.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Cara Hilangkan Bau Usai Masak di Dapur, Tak Butuh Waktu Lama", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/10/26/121300175/5-cara-hilangkan-bau-usai-masak-di-dapur-tak-butuh-waktu-lama.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm