Ilustrasi agar-agar.
Ilustrasi agar-agar. ( SHUTTERSTOCK/13SMILE)

Menjaga Kesehatan Saluran Cerna, Berikut 3 Manfaat Makan Agar-Agar

2 Desember 2023 18:08 WIB

SonoraBangka.id - Agar-agar merupakan salah satu dessert yang sering disajikan bersama buah-buahan. Bentuk agar-agar kenyal dengan rasa menyegarkan, terbuat dari ekstrak rumput laut (ganggang atau algae) yang dikeringkan.

Jenis alga yang digunakan adalah alga merah atau Euchema spinosum, memiliki kandungan mineral esensial dan serat. Simak manfaat makan agar-agar yang dapat menjaga kesehatan saluran cerna, dikutip dari majalah "Kulinologi Indonesia" (2011) karya Kulinologi terbitan PT Media Pangan Indonesia. 

1. Mengurangi penyerapan kalori

Agar-agar merupakan bentuk polisakarida non pati yang tidak dicerna oleh sistem pencernaan, sehingga agar-agar termasuk dalam kelompok serat makan. Serat dikenal bermanfaat dalam membantu melancarkan pencernaan dan mengurangi penyerapan kalori secara berlebihan.

2. Menjaga kesehatan saluran cerna

Selain itu serat pada agar-agar memiliki manfaat kesehatan yang diperoleh jika sistem pencernaan kita sehat. Mengonsumsi agar-agar sebagai salah satu pangan sumber serat dapat dilakukan untuk tetap menjaga kesehatan saluran cerna.

3. Kesehatan tulang dan gigi

Agar-agar terbuat dari rumput laut yang mengandung vitamin dan mineral esensial, yaitu besi, nitrogen, kalsium, mangan, dan fosfor, vitamin A, D, C, D, E, dan K. Mineral esensial ini dapat memberikan manfaat kesehatan tulang, gigi, dan baik untuk nutrisi diet.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "3 Manfaat Makan Agar-Agar, Menjaga Kesehatan Saluran Cerna", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/11/19/200400575/3-manfaat-makan-agar-agar-menjaga-kesehatan-saluran-cerna.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm