Sejumlah penumpang kereta api naik bus dari Stasiun Cirebon menuju Stasiun Purwokerto, Senin (4/12/2023). Solusi PT KAI Daop 3 Cirebon ini dilakukan karena kereta api yang menuju Purwokerto tidak dapat melintas akibat tertutup material longsor.(MUHAMAD SYAHRI ROMDHON)
Sejumlah penumpang kereta api naik bus dari Stasiun Cirebon menuju Stasiun Purwokerto, Senin (4/12/2023). Solusi PT KAI Daop 3 Cirebon ini dilakukan karena kereta api yang menuju Purwokerto tidak dapat melintas akibat tertutup material longsor.(MUHAMAD SYAHRI ROMDHON) ( KOMPAS.COM)

Tips Aman dan Nyaman Untuk Naik Bus AKAP Pertama Kali

12 Desember 2023 21:10 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Layanan bus antarkota antarprovinsi (AKAP) terus mengalami peningkatan untuk memberikan kenyaman, berbagai perusahaan otobus (PO) telah berusaha menawarkan berbagai kelas yang mereka miliki.

Selain itu, pengalaman perjalanan menyenangkan dan nyaman sangat penting, apalagi bagi penumpang yang mencoba Bus AKAP pertama kali.

Anggota Forum Bismania, Dimas Raditya mengatakan, terdapat beberapa tips bagi penumpang yang pertama kali naik bus AKAP.

Pertama, cari informasi mengenai bus dan tujuannya, bisa minta referensi dari teman atau saudara. Jika mau aman, bisa memilih PO bus yang sudah dikenal.

“Kemudian pastikan sudah memiliki tiket. Gunakan aplikasi pesan tiket online jika lokasi tempat tinggal berjauhan dengan agen keberangkatan,” ujar Dimas dikutip dari Kompas.com, Selasa (12/12/2023).

Apabila calon penumpang bingung memilih bus apa yang dinaiki, bisa mencari di internet atau Youtube. Sehingga bisa melakukan komparasi antar PO bus mengenai armada dan fasilitas ditawarkan.

“Kemudian kalau masih sering mabuk perjalanan pilih kursi deretan tengah bus, karena goyangan lebih minim. Bisa juga memilih yang dekat jendela,” ujar Dimas.

Kemudian, untuk mendapatkan kenyaman lebih calon penumpang bisa merencanakan perjalanan seminggu sebelum keberangkatan. Pastikan untuk membawa obat-obatan sesuai dengan kebutuhan dan camilan secukupnya.

“Selain itu kalau menonton review lewat Youtube, bisa estimasi kapan akan diberikan servis makan malam,” ucap Dimas.

Mengingat perjalanan bus AKAP yang malam, tidak jarang servis makan baru diberikan saat tengah malam. Jadi sebelum naik bus, perhatikan membawa bekal juga supaya tidak kelaparan selama perjalanan.

“Kalau sering beser atau pergi ke toilet, pilih tempat bangku yang dekat dengan lorong. Gunakan kesempatan baik di rest area ataupun di SPBU untuk toilet,” ucapnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Tips Aman dan Nyaman Naik Bus AKAP Pertama Kali", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/12/12/100200515/tips-aman-dan-nyaman-naik-bus-akap-pertama-kali.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm