.(SHUTTERSTOCK)
.(SHUTTERSTOCK) ( KOMPAS.COM)

7 Untuk Manfaat Minum Air Rebusan Bawang Putih dan Jahe Menurut Pakar

22 Januari 2024 18:14 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Air rebusan bawang putih dan jahe secara ilmiah terbukti bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI), Inggrid Tania menyampaikan, air rebusan bawang putih dan jahe itu dikenal sebagai jamu berbasis bawang putih.

"Biasanya (jamu bawang putih) akan lebih efektif kalau kita membuatnya dalam bentuk racikan campuran dengan herbal-herbal lain," kata Inggrid, saat dihubungi Kompas.com, Jumat (19/1/2024).

Inggrid menyebutkan, air rebusan bawang putih tak cuma bisa dicampur jahe, tapi juga dapat dikombinasikan dengan bahan alami lain, seperti cuka apel, jeruk lemon, atau jeruk nipis.

Menurut Inggrid, manfaat air rebusan bawang putih dan jahe salah satunya untuk menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah. Khasiat jamu bawang putih ini bakal terasa kalau dikonsumsi secara rutin setiap hari.

"Memang baik dikonsumsi setiap hari. Kalau sudah dikonsumsi setiap hari selama 3 bulan itu umumnya kita sudah bisa merasakan khasiatnya," terang dia.

Untuk lebih jelasnya, simak beberapa manfaat minum air rebusan bawang putih dan jahe lewat artikel berikut ini.

Manfaat minum air rebusan bawang putih dan jahe setiap hari

Berikut Kompas.com merangkum manfaat minum air rebusan bawang putih dan jahe:

1. Mengurangi risiko penyakit jantung

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm