Tangkapan layar unggahan PLN soal Stasiun Pengisian Hidrogen pertama di Indonesia.(Instagram)
Tangkapan layar unggahan PLN soal Stasiun Pengisian Hidrogen pertama di Indonesia.(Instagram) ( KOMPAS.COM)

PLN Luncurkan SPBU Hidrogen Pertama di Indonesia, Ini Untuk Keunggulannya Dibanding SPBU BBM

20 Februari 2024 19:15 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah PT PLN melalui PLN Indonesia Power akan segara mengoperasikan Stasiun Pengisian Hidrogen atau Hydrogen Refueling Station (HRS) pertama di Indonesia yang berlokasi di Senayan, Jakarta.

Pembangunan HRS itu bertujuan untuk melanjutkan pemanfaatan hasil produksi hidrogen hijau dari 21 Green Hydrogen Plant yang telah dioperasikan perseroan sejak November 2023.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengungkapkan, proses pembangunan HRS tersebut kini telah mencapai 98 persen dan ditargetkan selesai pada Februari 2024.

"Rencana besok (Rabu, 21 Februari 2024) pagi jam 07.00 WIB akan diresmikan," ujarnya kepada Kompas.com, Selasa (20/2/2024).

Berikut beberapa hal yang perlu Anda ketahui soal SPBU Hidrogen yang akan diluncurkan PLN pada Rabu (21/2/2024):

1. Hidrogen hijau alternatif untuk BBM ramah lingkungan

Lebih lanjut ia mengatakan, PLN bersama pemerintah terus mengambil langkah-langkah strategis dalam transisi energi. Salah satunya melalui pemanfaatan hidrogen hijau.

Pemanfaat hidrogen hijau digunakan sebagai energi alternatif ramah lingkungan pengganti Bahan Bakar Minyak (BBM), sekaligus bagian dari upaya mereduksi emisi karbon di sektor transportasi.

"Ini menjadi bukti, we walk the talk bahwa komitmen ini kami wujudkan dalam bentuk nyata. Tidak hanya infrastruktur pengisian daya kendaraan listrik, kami juga siap menghadirkan HRS pertama di Indonesia sebagai opsi energi yang ramah lingkungan bagi kendaraan," jelas Darmawan.

2. Melayani semua jenis kendaraan berbasis hidrogen

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm