Ilustrasi makanan. Berikut sejumlah makanan yang sebaiknya dihindari saat berbuka puasa.(SHUTTERSTOCK/Feroze Edassery)
Ilustrasi makanan. Berikut sejumlah makanan yang sebaiknya dihindari saat berbuka puasa.(SHUTTERSTOCK/Feroze Edassery) ( KOMPAS.COM)

7 Untuk Makanan yang Perlu Dihindari Saat Berbuka Puasa Menurut Ahli Gizi

19 Maret 2024 19:54 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Umat Islam di seluruh dunia saat ini sedang menjalankan ibadah puasa pada bulan Ramadhan 1445 Hijriah.

Ibadah puasa dilakukan dengan menahan hawa serta nafsu, termasuk tidak makan dan minum dari waktu imsak hingga azan maghrib.

Saat tiba waktunya berbuka puasa, banyak orang akan melahap banyak makanan tanpa berpikir soal kandungan gizi dan efek-efeknya.

Padahal, terdapat makanan yang perlu dihindari saat berbuka puasa karena justru bisa mengakibatkan sejumlah efek samping.

Lantas, apa saja makanan tersebut?

7 makanan yang sebaiknya dihindari untuk berbuka

Berikut setidaknya tujuh makanan yang sebaiknya dihindari saat berbuka puasa menurut ahli gizi:

1. Makanan pedas

Dosen gizi kesehatan Universitas Gadjah Mada (UGM) Toto Sudargo mengungkapkan, seseorang sebaiknya menghindari makanan pedas sebagai menu utama saat berbuka.

Hal itu dikarenakan makanan pedas dapat mengiritasi organ seperti lambung, sehingga muncul masalah pencernaan.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm