Isuzu Giga yang ada di Booth IAMI pada ajang GIIAS 2022. (IAMI)
Isuzu Giga yang ada di Booth IAMI pada ajang GIIAS 2022. (IAMI) ( KOMPAS.COM)

Pemerintah Izinkan Impor Truk Bekas buat Tambang, Ini Untuk Respon Isuzu

30 Juni 2024 16:34 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Kementerian Perdagangan mengeluarkan Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) No.8 Tahun 2024 yang merevisi Permendag No. 36 Tahun 2023 tentang Kebijakan dan Pengaturan Impor.

Salah satu poin dari peraturan tersebut, pemerintah memberi relaksasi impor kendaraan buat keperluan khusus bekas. Contohnya seperti truk bekas buat keperluan tambang dengan berat harus di atas 24 ton.

Menanggapi aturan tersebut, Attias Asril, Business Strategy & Operation Division Head Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) mengatakan, kebijakan tersebut berpotensi membuat penjualan truk merosot, terutama yang diproduksi di dalam negeri.

"Tentunya akan berdampak pada bisnis dan industri yang menjadi ekosistem kendaraan komersial. Seperti industri komponen dan suku cadang," kata pria yang akrab disapa Aat, kepada Kompas.com, Jumat (28/6/2024).

IAMI sebenarnya sudah memproduksi berbagai truk yang seharusnya bisa memenuhi syarat tersebut. Contohnya seperti Giga dengan GVW di atas 24 ton, seharusnya bisa digunakan sebagai kendaraan khusus.

Selain itu, industri seperti komponen dan suku cadang bisa ikut merosot. Alasannya karena truk bekas yang masuk turut berdampak ke penjualan truk yang diproduksi lokal.

"Hal tersebut berdampak juga terhadap turunnya produksi suku cadang, karena suku cadang yang diproduksi di Indonesia sesuai dengan truk yang diproduksi di Indonesia," kata Aat.

Jadi bisa dibilang truk yang diimpor bekas, tidak bisa diservis pakai suku cadang lokal. Jadi bukan hanya penjualan truk saja yang terdampak, tapi juga industri suku cadang bakal kena imbasnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pemerintah Izinkan Impor Truk Bekas buat Tambang, Ini Respon Isuzu", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2024/06/30/082100815/pemerintah-izinkan-impor-truk-bekas-buat-tambang-ini-respon-isuzu.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm