Ilustrasi menyusui.
Ilustrasi menyusui. ( (Dok. SHUTTERSTOCK))

Ini Daftar Manfaat Pemberian ASI Eksklusif yang Wajib Diketahui Ibu Menyusui

6 Agustus 2024 11:26 WIB

SonoraBangka.id - Berikut ini ada daftar manfaat pemberian ASI Eksklusif yang Wajib Diketahui Ibu Menyusui

Bayi baru lahir tidak disarankan untuk mengonsumsi makanan padat karena kondisi saluran pencernaannya yang belum optimal.

Maka dari itu, ASI merupakan sumber gizi utama untuk bayi baru lahir. Saran pemberian ASI eksklusif adalah selama 6 bulan pertama sejak bayi baru lahir, karena terdapat beberapa manfaat ASI eksklusif untuk buah hati maupun ibu menyusui apalagi jika dilakukan secara optimal. 

Berikut beberapa manfaat pemberian ASI eksklusif pada bayi dan ibu Seperti dikutip dari tim kesehatan Siloam Hospital sebagai berikut.

1. Mengoptimalkan Perkembangan Sang Buah Hati

Salah satu alasan dari pentingnya ASI eksklusif adalah karena dapat membantu mengoptimalkan perkembangan buah hati. Pasalnya, ASI mengandung asam lemak yang bermanfaat untuk perkembangan otak maupun fisik bayi

2. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat pemberian ASI eksklusif pada bayi adalah dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh buah hati. Ya, ASI memiliki zat antibodi yang berperan dalam melawan virus dan bakteri penyebab penyakit dalam tubuh bayi. 

Maka dari itu ,pemberian ASI eksklusif oleh ibu pada bayi akan mengurangi risiko terjadinya berbagai macam gangguan kesehatan, seperti meningitis pada bayi, penyakit diare, asma, dan lain- lain.

3. Meminimalisir Munculnya Alergi

SumberBangkapos.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm