Ilustrasi buttercream homemade.
Ilustrasi buttercream homemade. ( FREEPIK/FREEPIK)

Cuma Butuh 5 Bahan, Berikut Cara Membuat Buttercream Sendiri di Rumah

9 September 2024 15:14 WIB

SonoraBangka.id - Buttercream biasanya dijual di toko bahan kue. Krim mentega ini juga bisa dibuat sendiri di rumah. Bahan-bahannya mudah ditemukan di toko dan tak mahal. Hanya perlu lima bahan sederhana untuk membuat buttercream. Setelah jadi, buttercream dapat dijadikan olesan, bahan isi, maupun tambahan topping untuk kue.

Resep buttercream

Simak resep buttercream lima bahan dari buku "Cake: Panduan Membuat Cake Istimewa di Rumah" (2012) oleh Lizzarni terbitan Kanaya Press berikut ini:

Bahan:

250 gr mentega putih tawar (shortening)

125 ml kental manis

3 sdm air matang

1/2 sdt garam

100 gr gula pasir atau gula halus yang sudah diayak

Cara membuat buttercream

1. Masukkan gula ke dalam wadah. Campur dengan air matang dan garam.

2. Jerang di atas kompor dengan api kecil. Aduk perlahan hingga larut sempurna.

3. Tuang kental manis ke dalam wadah, masukkan gula cair yang masih panas ke dalamnya. Aduk sampai rata. Dinginkan hingga sisa panas gula cair tadi hilang.

4. Tambahkan mentega putih. Kocok hingga rata.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cara Membuat Buttercream Sendiri di Rumah, Cuma Butuh 5 Bahan", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2024/09/08/181807975/cara-membuat-buttercream-sendiri-di-rumah-cuma-butuh-5-bahan.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm