SonoraBangka.id - Beberapa waktu lalu, Amanda Manopo bercerita pernah ditelepon penagih pinjaman online (pinjol).
Menurut penuturannya, pihak pinjol tersebut menelepon bukan karena ingin menagih utang Amanda Manopo, melainkan menanyakan kenalannnya.
Diketahui hal itu dikarenakan Amanda dijadikan sebagai nomor kontak darurat oleh temannya saat akan pinjam uang melalui pinjol.
"Saat ini kan memang banyak orang yang terlilit sama pinjol, itu yang sering saya dengar dan sering saya alami," kata Amanda, dikutip dari Tribun Lampung.
Terungkap bahwa nomor kontak Amanda dijadikan sebagai nomor darurat oleh temannya saat akan meminjam uang secara online.
"Ada teman saya menggunakan aplikasi pinjol tersebut, tapi dia memang nggak bayar dan akhirnya dia kasih kayak nomor darurat ke perusahaan tersebut," ungkap Amanda.
Padahal, Amanda Manopo mengaku tak tahu menahu soal masalah utang pinjol temannya tersebut.
Sudah banyak kasus seperti Amanda Manopo yang ditagih pinjol karena nomornya dijadikan kontak darurat.
Tentu hal ini membuat kita tidak nyaman karena berasa diteror oleh pinjol.
Anda tak perlu panik, jika nomor dijadikan kontak darurat pinjol oleh teman dan diteror, lakukan beberapa langkah ini untuk mengatasinya.
Melansir dari berbagai sumber, berikut cara mengatasi nomor dijadikan kontak darurat dan diteror penagih pinjol.
1. Blokir Nomor Debt Collector
Cara pertama jika diteror oleh penagih pinjol karena dijadikan kontak darurat adalah blokir penagih tersebut.
Terlebih jika Anda merasa diteror oleh para oknum debt collector melalui telepon atau pesan WhatsApp.
Maka Anda bisa langsung blokir saja nomor tersebut agar tidak dihubungi lagi.
2. Hubungi Call Center
Metode berikutnya yang bisa Sahabat NOVA lakukan adalah dengan menghubungi call center.
Anda bisa langsung coba menguhubungi call center perusahaan terkait untuk penarikan nomor HP milikmu dari daftar kontak darurat.
3. Lapor ke OJK
Anda dapat menghubungi OJK melalui email waspadainvestasi@ojk.go.id ataupun kontak WhatsApp di nomor 0811-571-571-57.
Kita juga bisa melayangkan pengaduan secara online lewat e-mail konsumen@ojk.go.id atau mengisi Form Pengaduan Online di http://konsumen.ojk.go.id/FormPengaduan.
Gedung OJK beralamat di Menara Radius Prawiro, Lantai 2 Komplek Perkantoran BI, Jl. MH. Thamrin No. 2, Jakarta Pusat 10350.
4. Lapor Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia
YLKI atau Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia juga bisa membantu pengguna layanan jasa keuangan untuk mengatasi teror pinjol.
Anda bisa mengadukan melalui call center di nomor 021-7981858 atau 7971378.
Pengaduan juga bisa dilakukan secara online melalui form : http://pelayanan.ylki.or.id.
Selain itu, kita juga bisa datangi langsung ke kantor YLKI di Jl. Pancoran Barat VII/1, Durentiga, Jakarta Selatan 12760 Pelayanan pengaduan konsumen: Senin-Jumat pukul 09.00-15.00 WIB.
Artikel ini telah terbit di https://nova.grid.id/read/053938215/belajar-dari-amanda-manopo-ditagih-pinjol-akibat-dijadikan-kontak-darurat-begini-cara-menghentikan-teror-debt-collector?page=all