ILustrasi
ILustrasi ( Shutterstock)

Bagaimana Cara Menentukan Tidur Yang Baik Agar Tubuh Bugar Dan Segar

22 Januari 2021 10:58 WIB

SonoraBangka.Id - Posisi kita saat tidur Harus Benar Sehingga Tidak meningkatkan risiko cedera. Misalnya, tidur dengan posisi miring bisa menyebabkan nyeri di bahu.

Tidur tengkurap juga bisa memicu sakit punggung dan leher. Chripraktor Andrew Bang mengatkan, tubuh menyukai variasi posisi.

“Misalnya, jika Anda tertidur saat Anda telentang, Anda harus beralih dari satu sisi ke sisi lain pada malam hari.” ucapnya.

Selain itu, tidur dengan posisi berbeda-beda juga bisa mengurangi stres pada tulang belakang daripada tidur tengkurap.

Seperti apa posisi tidur terbaik?

Untuk menemukan posisi tidur terbauk, kita harus mengetahui berbagai manfaat dan efek sampingnya. Setelah itu, sesuaikan dengan kondisi tubuh kita.

Berikut berbagai manfaat dan efek samping berbagai posisi tidur:

Tidur tengkurap

Tidur tengkurap akan membuat kepala menoleh ke satu arah untuk jangka waktu tertentu, yang menyebabkan rasa sakit.

“Bayangkan berdiri dan melihat ke satu arah selama dua atau tiga jam pada satu waktu. Meregangkan otot leher selama itu menimbulkan rasa nyeri,” kata Bang.

Tidur tengkurap juga membuat tulang leher tegang dan menekan tulang belakang. Posisi ini bisa memicu kesemutan di lengan karena aliran darah terhambat dan saraf tertekan.

Jika sulit menghentikan kebiasaan tidur tengkurap, cobalah tidur dalam posisi menyamping. Posisi ini bisa memberikan tekanan yang sama pada dada.

Menurut data Major medical journals, tidut dengan posisi miring juga bisa mengurangi berkurangnya nyeri tulang belakang.

Selain itu, American Academy of Pediatrics juga merekomendasikan bayi tidur telentang untuk menghindari risiko sindrom kematian bayi mendadak dan peningkatan detak jantung.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm