Ilustrasi anosmia, gejala Covid-19, gangguan penciuman pasien Covid-19.
Ilustrasi anosmia, gejala Covid-19, gangguan penciuman pasien Covid-19. ( SHUTTERSTOCK/NENAD CAVOSKI)

Mau Tahu 4 Cara Rumahan untuk Mengatasi Anosmia Akibat Covid-19 ?

23 Juni 2021 21:21 WIB

SonoraBangka.id - Salah satu gejala dari Covid-19 adalah hilangnya penciuman sebagian atau sepenuhnya yang dikenal dengan anismia.

Tetapi, kondisi ini sebetulnya tak hanya disebabkan oleh infeksi Covid-19 saja.

Mengobati anosmia bisa dilakukan secara medis, tetapi jika ingin mempercepat proses penyembuhan anosmia, ada pula sejumlah pengobatan alami yang dapat dicoba di rumah.

"Pengobatan anosmia sebetulnya tergantung pada penyebabnya. Ada beberapa intervensi medis yang bisa membantu dan ada pula pengobatan rumahannya."

Demikian diungkapkan oleh ahli THT pediatrik dari Alfred I. duPont Hospital of Children, Asisten Profesor Klinis Otolaringologi dan Anak dari Thomas Jefferson Sidney Kimmel School of Medicine, sekaligus penasihat medis Healthline, Nicole Aaronson, MD, MBA, CPE, FAAP, FACS.

Melansir Healthline, setidaknya ada empat cara menyembuhkan anosmia secara alami yang bisa kita coba:

1. Latihan penciuman

Selain perawatan medis, Aaronson menyarankan perawatan rumahan untuk mengatasi anosmia Covid-19 dengan latihan penciuman.

Pada latihan ini, pasien mencium beberapa rangkaian bau kuat yang bisa ditemukan di rumah.

Bau tersebut juga bisa diganti dengan minyak atsiri. Beri waktu 20 detik untuk mencium setiap bau dan lakukan tiga kali sehari selama enam minggu.

"Agar terlihat perubahannya, penting adanya komitmen jangka panjang," kata dia.

Latihan penciuman paling efektif jika dilakukan dengan empat bau yang sama setiap harinya, daripada mengubah-ubahnya setiap hari.

SumberKOMPAS.com
KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm