Ilustrasi batu kerikil di alur ban()
Ilustrasi batu kerikil di alur ban() ( kompas.com)

Agar Lebih Awet, Jangan Cuek Terhadap Kerikil yang Menempel di Ban

26 September 2021 22:01 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Melakukan perawatan terhadap komponen mobil merupakan salah satu upaya pemilik mobil agar komponen tersebut lebih awet dan tahan lama. Dibutuhkan perawatan secara berkala guna menjaga kondisinya agar tetap prima dan dapat berfungsi dengan optimal.

Salah satu komponen mobil yang perlu dioerhatikan yakni ban mobil. Komponen ini merupakan bagian vital dari mobil yang menunjang kenyamanan serta keselamatan berkendara.

Saat dihubungi Kompas.com beberapa waktu lalu, Zulpata Zainal, On Vehicle Test (OVT) Manager PT Gajah Tunggal Tbk menjelaskan tentang beberapa hal yang harus dilakukan pemilik mobil saat merawat ban mobilnya.

“Cek rutin kerusakan ban, misalkan ada bagian yang sobek. Kemudian periksa juga benda-benda kecil seperti batu yang menempel pada telapak ban, sebisa mungkin agar dibersihkan,” kata Zulpata.

Seiring penggunaannya, terutama kalau digunakan di jalan yang berbatu sering ditemukan benda-benda kecil seperti batu kerikil yang menempel pada sela-sela alur kembangan ban.

Walaupun sepele, benda asing yang menempel di sela ban dapat membuat ban menjadi rusak. Maka dari itu perlu dibersihkan.

Training Development, Section Head PT Astra Daihatsu Motor, Aji Prima Barus Nurcahya juga mengatakan, untuk perawatan ban mobil pemilik harus menjaga kondisi ban.

"Sederhananya, periksa tekanan angin secara berkala paling tidak satu minggu sekali. Jaga tekanan angin sesuai spesifikasi kendaraan," kata Aji.

Berikutnya cek kualitas fisik ban apakah ada keretakan, selipan benda asing, dan kondisi alur ban (aus atau tidak), apalagi kalau terjadi retak samping.

"Apabila terjadi keretakan pada tapak ban, mungkin sudah tidak aman digunakan. Apalagi keretakannya bagian samping ban, itu kendaraan tersebut sangat berbahaya," ucap Aji.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm