Chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2 resmi di acara peluncuran di Hawaii, Rabu (16/11/2022).
Chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2 resmi di acara peluncuran di Hawaii, Rabu (16/11/2022). ( KOMPAS.com)

Tanggapan Samsung, Oppo, Xiaomi, dan iQoo soal Chip Snapdragon 8 Gen 2

22 November 2022 08:59 WIB

SonoraBangka.ID - Chipset flagship terbaru dari Qualcomm yakni Snapdragon 8 Gen 2, resmi diperkenalkan pada Selasa (15/11/2022) waktu Amerika Serikat.

Snapdragon 8 Gen 2 diklaim lebih bertenaga dan efisien dibanding pendahulunya. GPU Adreno di Snapdragon 8 Gen 2, disebut Qualcomm, 25 persen lebih bertenaga dan CPU Kryo diklaim 40 persen lebih efisien.

Snapdragon 8 Gen 2 juga mengunggulkan sektor kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI). AI di Snapdragon 8 Gen 2 disebut akan mendongkrak fungsi kamera serta pemrosesan bahasa. Kemampuan tersebut hadir berkat adanya fitur Snapdragon Smart yang didukung prosesor Qualcomm Hexagon untuk AI.

Dalam peluncuran ini, sejumlah vendor smartphone juga memberikan komentarnya terhadap Snapdragon 8 Gen 2. Mereka adalah XiaomiOppoiQoo, hingga Samsung.

David Qin, GM Mobile Chip Platform Division Xiaomi, mengatakan bahwa Snapdragon 8 Gen 2 akan membuka potensi dari flagship baru Xiaomi. David mengatakan, Snapdragon 8 Gen 2 ini memiliki performa tinggi dalam konektivitas dan kecerdasan buatan (AI).

"Software dan hardware dapat berkolaborasi dengan optimal untuk memberi performa terbaik dalam konektivitas, power, dan stabilitas. Dengan kemampuan AI dari Snapdragon 8 Gen 2, fitur AI yang lebih kompleks, sekarang dapat berjalan di perangkat," ungkap David.

Sedikit berbeda dari Xiaomi, vendor smartphone Oppo mengomentari adanya hardware khusus untuk fitur ray tracing di Snapdragon 8 Gen 2.

Menurut Yizhen (Jane) Tian, Principal Manager of Graphic Products Oppo, Qualcomm dan Oppo telah bekerja sama untuk berbagai fitur, salah satunya ray tracing.

Ray tracing sendiri adalah teknologi pencahayaan yang membuat visual video game tampak lebih nyata.

"Dibandingkan model sebelumnya, Oppo dan Qualcomm dapat meningkatkan efisiensi ray tracing render sampai lima kali lipat dengan lebih efisien," kata Yizhen di atas panggung peluncuran, dalam ajang Snapdragon Summit 2022 di Hawaii.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm