lustrasi dendeng balado.
lustrasi dendeng balado. ( SHUTTERSTOCK/Michaelnero)

Renyah Tidak Melempem, Berikut 5 Cara Membuat Dendeng Balado

9 Maret 2023 09:27 WIB

SonoraBangka.id - Dendeng balado memiliki kenikmatan pada bumbunya yang menggugah selera. Namun, ada kelezatan lain pada hidangan yang satu ini.  Jika kamu suka dendeng balado yang kering dan renyah, simak beberapa tips membuat dendeng balado berikut ini. Salah satunya, ada pada pemilihan jenis daging yang digunakan, seperti yang dilansir dari majalah Sedap / ED 05 2015 terbitan Gramedia berikut ini. 

 1. Pemilihan jenis daging 

Gunakan daging gandik untuk membuat dendeng kering. Beli dalam keadaan masih segar sehingga mudah diiris dalam ukuran yang tipis. 

2. Cara mengiris daging untuk dendeng 

Ada cara mengiris daging untuk dendeng agar betul-betul tipis yaitu dengan membiarkannya dalam freezer hingga setengah beku.  Selain itu, iris daging sapi searah dengan serat agar tidak hancur saat dipotong. 

 3. Cara mengeringkan daging 

Kamu bisa melakukan pengeringan daging dalam oven hingga kandungan airnya habis sehingga daging bisa renyah. 

4. Goreng daging 

Proses menggoreng daging juga tidak boleh sembarangan. Goreng daging dengan api kecil hingga renyah sampai serat terdalam. 

5. Cara mencampurkan daging dengan bumbu 

Setelah daging digoreng, simpan dalam stoples saat masih dingin agar tidak melempem. Selain itu, hindari mencampur daging dengan sambal balado. Lumuri menjelang menyajikan agar teksturnya tetap renyah. 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Cara Membuat Dendeng Balado Renyah dan Tidak Melempem", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/03/08/120700275/5-cara-membuat-dendeng-balado-renyah-dan-tidak-melempem.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm