truk terguling -- Evakuasi truk terguling di Jalan Janti – Go Kiskendo wilayah Pedukuhan Sekaro, Kapanewon Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Warga menyebutnya tanjakan Bibis. Tanjakan ini memiliki kemiringan ekstrem, panjang dan berkelok. Kendaraan kerap tidak kuat menanjak maupun turun. Tidak sedikit yang terlempar ke luar jalur.(DOKUMENTASI POLRES KP)
truk terguling -- Evakuasi truk terguling di Jalan Janti – Go Kiskendo wilayah Pedukuhan Sekaro, Kapanewon Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Warga menyebutnya tanjakan Bibis. Tanjakan ini memiliki kemiringan ekstrem, panjang dan berkelok. Kendaraan kerap tidak kuat menanjak maupun turun. Tidak sedikit yang terlempar ke luar jalur.(DOKUMENTASI POLRES KP) ( KOMPAS.COM)

Cara Benar Menyalip Truk di Tanjakan, Pastikan Keadaan di Sekitar Aman

16 Maret 2023 19:01 WIB

SONORABANGKA.ID - Untuk Etika dan aturan mengemudikan mobil di jalan raya terkadang berbeda, dan justru saling melengkapi. Salah satunya, masalah mendahului kendaraan lain di sekitarnya. 

Tak jarang, pengemudi harus mengambil keputusan yang sangat cepat. Sebagai contoh, ada truk mengangkut muatan berat merayap di tanjakan

Memang jika melihat aturan yang ada, pengemudi harus antre di belakang truk tersebut. Tapi, atas pertimbangan keselamatan dan sebagainya akhirnya perlu mendahului. 

Perlu di perhatikan, truk memiliki blind spot yang sangat besar. Ada pula, bahaya yang datang jika truk kehilangan tenaga dan mundur di tanjakan. 

Founder & Training Director Jakarta Defensive Driving and Consulting Jusri Pulubuhu menjelaskan, perhitungan untuk mendahului kendaraan besar harus matang. Alangkah baik, jika menunggu kondisi jalan hingga aman.

"Perhitungan tersebut terutama blind spot dan apakah ada ruang yang cukup untuk masuk ke dalam lajur di depan truk. Jangan memaksa, apalagi di tanjakan. Truk bisa hilang kendali karena berat di tanjakan," kata Jusri. 

Ada perhitungan lain, misalnya kondisi jalan, garis marka, dan juga bahasa komunikasi. Itu digunakan untuk memastikan pengemudi truk melihat kendaraan yang hendak meminta izin mendahului. 

Menurut Jusri, tindakan semacam itu dikategorikan etika bagi pengemudi mobil. Tapi, tidak termasuk peraturan. Jangan pernah mendahului kendaraan lainnya jika kondisi tidak aman. 

"Kondisi jalan dilihat dulu, apakah tikungan, atau di jalanan menanjak dengan area blind spot yang besar. Jadi, kendaraan dari lawan arah tidak terlihat. Wajib tau apakah ada bahaya dari balik tanjakan atau turunan," kata Jusri.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cara Benar Menyalip Truk di Tanjakan, Pastikan Kondisi di Sekitar Aman", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/03/16/091200115/cara-benar-menyalip-truk-di-tanjakan-pastikan-kondisi-di-sekitar-aman.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm