Ilustrasi zodiak Ophiuchus.(ripleys.com)
Ilustrasi zodiak Ophiuchus.(ripleys.com) ( TRIBUNNEWSWIKI.COM)

Ramai Mengenai Zodiak Kini Jadi 13 dengan Tambahan Ophiucus, Ini Penjelasan BRIN

9 April 2023 21:50 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Sebuah video yang menyebut zodiak kini berjumlah tiga belas dengan tambahan Ophiuchus, viral di media sosial TikTok.

Diunggah oleh akun ini, Rabu (22/3/2023), video memuat sebuah tabel perbandingan dua belas zodiak lama dengan tiga belas zodiak baru.

Kehadiran Ophiuchus pun menggeser rentang tanggal zodiak sebelumnya menjadi lebih singkat.

Misalnya, zodiak Scorpio yang semula 23 Oktober-22 November, menjadi hanya 23-29 November. Adapun Ophiuchus, disebutkan ada di rentang 29 November hingga 17 Desember.

Menarik perhatian warganet, video perubahan zodiak ini telah ditonton lebih dari 6,1 juta kali dan disukai lebih dari 465.000 pengguna hingga Minggu (9/4/2023).

Lantas, benarkah kini zodiak berjumlah 13 dengan tambahan Ophiuchus?

Penjelasan BRIN

Peneliti di Pusat Riset Antariksa Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Andi Pangerang mengatakan, zodiak yang ada di bidang ekliptika atau bidang edar Bumi mengelilingi Matahari hanya berjumlah dua belas.

"Mengapa hanya dua belas? Karena untuk mensinkronkan antara jumlah zodiak dengan jumlah bulan yang ada di kalender Masehi," kata dia, saat dihubungi Kompas.com, Minggu.

Namun begitu, Andi mengungkapkan, Ophiuchus sebenarnya sudah ada sejak zaman Babilonia, sekitar 2000 SM.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm