Kijang Innova bekas tercatat mengalami kenaikan harga sejak pertengahan November (Mobil88)
Kijang Innova bekas tercatat mengalami kenaikan harga sejak pertengahan November (Mobil88) ( KOMPAS.COM)

Perawatan Untuk Komponen Innova Lawas yang Harus Dilakukan Berkala

27 September 2023 21:23 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Toyota Innova merupakan MPV yang cukup digemari di Indonesia, bahkan unit bekasnya pun masih menjadi incaran pedagang dan konsumen di pasar mobil seken, karena memiliki performa mumpuni.

Innova pertama kali muncul pada 2004 menggantikan Kijang kapsul, dengan mesin bensin berkapasitas 2 liter, dan diesel 2,5 liter.

Mobil ini tersedia dalam beberapa tipe; E, G dan V. Pembeda pada masing-masing tipe terletak pada kelengkapan fiturnya. Tipe V merupakan varian tertinggi dengan desain interior lebih modern dan dilapisi kulit sintetis.

Pembaruan terjadi pada 2008 dengan desain sedikit berbeda. Toyota juga mengeluarkan Innova tipe termurah pada 2009 dengan kelengkapan minimalis yaitu tipe J.

Tipe ini disediakan guna meningkatkan daya beli bagi semua kalangan karena harganya tentu saja lebih terjangkau.

Pada 2011 meluncur Innova facelift, desain lampu dibikin seakan memiliki sayap yang dipadukan dengan fog lamp, sebelum pada akhirnya 2015 Toyota melakukan perubahan cukup kompleks dengan hadirnya Innova Reborn.

Muchlis, Pemilik Bengkel Spesialis Toyota Mitsubishi, Garasi Auto Service mengatakan supaya Innova lawas tetap prima maka perawatan secara rutin perlu dilakukan.

“Perawatan Innova lawas meliputi beberapa sektor yakni mesin, kaki-kaki dan AC, jika ketiga sektor tersebut dijaga performanya maka mobil ini akan tetap nyaman saat dioperasikan,” ucap Muchlis kepada Kompas.com, Selasa (26/9/2023).

Pemilik bengkel di Polokarto, Kabupaten Sukoharjo ini mengatakan konsumen tidak perlu khawatir dengan kondisi mobil tua karena performanya tetap bisa dijaga mendekati seperti baru.

Tune up menurut Muchlis bisa menjadi metode perawatan yang cukup efektif dalam menjaga performa Innova lawas.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm