(Ilustrasi) OJK blokir 302 Pinjol ilegal dan ingatkan masyarakat kejahatan data pribadi
(Ilustrasi) OJK blokir 302 Pinjol ilegal dan ingatkan masyarakat kejahatan data pribadi ( Mykyta Dolmatov)

Ingatkan Masyarakat untuk Waspada Kejahatan Data Pribadi! OJK Blokir 302 Pinjol Ilegal Jelang Akhir Tahun

29 November 2023 17:43 WIB

SonoraBangka.id - Jelang akhir tahun, Satuan Tugas Pemberantasan Aktivitas Keuangan Ilegal (Satgas PASTI) Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah memblokir ratusan Pinjaman Online (Pinjol) Ilegal.

Bukan hanya Pinjol, OJK juga turut merilis pinjaman pribadi (pinpri) ilegal terbaru per 11 November 2023.  

Selama penghujung tahun 2023 yakni pada periode September-Oktober 2023, Satgas PASTI OJK telah memblokir 302 Pinjol ilegal.

Adapun, Satgas PASTI terdiri atas 14 pihak dari otoritas, kementerian, dan lembaga terkait yang menjadi forum koordinasi untuk melaksanakan UU Nomor 4 Tahun 2023. 

Melansir dari laman resmi OJK, menurut Sekretaris Satgas PASTI, Hudiyanto merinci timnya telah memblokir 173 entitas pinjol ilegal di sejumlah situs web dan aplikasi, serta menemukan 129 konten pinpri yang berpotensi melanggar ketentuan penyebaran data pribadi.

Bukan sampai di situ, Satgas PASTI juga melakukan pemblokiran terhadap nomor rekening, nomor virtual account, dan nomor telepon serta WhatsApp terduga pelaku untuk melindungi masyarakat.

"Selain memblokir entitas pinjol ilegal dan pinpri, Satgas PASTI juga melakukan pemblokiran nomer rekening, nomer virtual account dan nomer telepon serta WhatApp terduga pelakunya, untuk semakin melindungi masyarakat," tutur Hudiyanto dikutip Senin, (27/11).

Dengan diblokirnya 302 pinjol dan pinpri, artinya sudah ada 7.502 entitas keuangan ilegal yang telah dihentikan sejak 2017 hingga 31 Oktober 2023.

Angka tersebut terdiri dari 1.196 entitas investasi ilegal, 6.055 entitas pinjol ilegal atau pinpri, dan 251 entitas gadai ilegal.

Tak hanya itu saja, jelang musim libur akhir tahun seperti ini, tentu akan banyak membutuhkan uang yang bisa jadi meminjam lewat Pinjol.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm