Tata Cara Tayamum Lengkap beserta Niat, Doa dan Syaratnya
Tata Cara Tayamum Lengkap beserta Niat, Doa dan Syaratnya ( Buku PAI-BP kelas IV Halaman 40 )

Yuk ketahui Bacaan Niat dan Cara Tayamum yang Benar di Pesawat, Kereta, Bus hingga Tempat yang Tidak Ada Air

6 Desember 2023 17:46 WIB

SonoraBangka.idSholat merupakan kewajiban bagi seluruh umat muslim di dunia.

Satu di antara sah sholat ialah berwudhu.

Lalu bagaiama jika berwudhu tidak ada air yang bisa digunakan?

Cara yang bisa dilakukan ialah bertayamum.

Nah, ini bacaan niat dan cara tayamum yang benar di pesawat, kereta, bus hingga tempat yang tidak ada air.

Dalam Islam, tayamum adalah cara bersuci dari hadas besar dan hadas kecil menggunakan debu atau tanah sebagai pengganti air dalam kondisi tertentu. 

Ada kalanya saat bepergian menggunakan pesawat, kereta atau bus, tidak ada air yang bisa digunakan untuk wudu padahal waktu salat sudah tiba. 

Tayamum adalah salah satu kemudahan yang diberikan oleh Allah SWT kepada umat Islam untuk bersuci apabila dalam suatu kondisi tersebut.

Melansir kemenag.go.id, Rabu (30/8/2023), tayamum bermakna mengusap wajah dan kedua telapak tangan dengan tanah (permukaan bumi) dengan tata cara tertentu. 

Tayamum tidak hanya bisa dilakukan untuk mengganti wudu, namun juga bisa digunakan untuk mengganti mandi wajib setelah haid nifas dan junub.

SumberBangka.tribunnews.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm