Ilustrasi blewah.(Shutterstock/NilaSito)
Ilustrasi blewah.(Shutterstock/NilaSito) ( KOMPAS.COM)

4 Untuk Efek Samping Blewah, Bisa Picu Diare jika Dimakan Berlebihan

16 Maret 2024 20:42 WIB

SONORABANGKA.ID - Merupakan Blewah jadi salah satu jenis buah yang banyak dikonsumsi ketika memasuki bulan Ramadhan bersama semangka dan melon.

Biasanya, buah blewah ini dijadikan bahan pelengkap takjil untuk berbuka puasa selama Ramadhan.

Blewah diketahui memiliki sejumlah kandungan zat yang baik untuk kesehatan seperti  natrium, zat besi, vitamin C, dan vitamin A.

Meski demikian, makan blewah berlebihan memiliki sejumlah efek samping yang jarang diketahui. Lantas, apa saja efek samping blewah?

4 efek samping blewah

Dihimpun dari sejumlah sumber, berikut empat efek samping blewah yang jarang diketahui:

1. Diare

Blewah diketahui termasuk buah yang memiliki kandungan serat cukup tinggi yang bisa memperlancar buang air besar (BAB), dikutip dari WebMD.

Oleh karena itu, apabila konsumsi blewah berlebihan, maka bisa menyebakan seseorang mengalami diare.

Hal tersebut perlu diperhatikan bagi penderita kanker, penyakit inflamasi, atau pernah menjalani operasi di bagian usus. Sebab, usus menjadi lebih sensitif terhadap serat.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm