Ilustrasi
Ilustrasi ( Thinkstockphotos )

Tahukah Anda Ada 11 Cara Meningkatkan Kepadatan Tulang Secara Alami

8 Februari 2021 10:18 WIB

SonoraBangka.Id - Kepadatan tulang penting untuk dijaga. Jika kehilangan kepadatan, tulang pun menjadi mudah patah.

Kepadatan tulang sendiri akan berubah seiring waktu. Sepanjang masa kanak-kanak, remaja, dan dewasa awal, tulang akan menyerap nutrisi dan mineral, sehingga mendapatkan kekuatan.

Namun, saat memasuki usia akhir 20-an, seseorang telah mencapai massa tulang puncaknya, yang berarti mereka tidak akan lagi mendapatkan kepadatan tulang.

Tulang bisa kehilangan kepadatan seiring bertambahnya usia. Setelah menopause khususnya, seseorang menjadi rentan terhadap osteoporosis, penyakit yang dapat melemahkan tulang sedemikian rupa sehingga dapat dengan mudah patah.

Namun untungnya, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membantu meningkatkan dan menjaga kepadatan tulang.

Berikut ini beberapa pilihan cara meningkatkan kepadatan tulang secara alami:

1. Angkat beban dan latihan kekuatan

Penelitian telah menunjukkan bahwa angkat beban dan latihan kekuatan dapat membantu meningkatkan pertumbuhan tulang baru dan mempertahankan struktur tulang yang ada.

Sebagai contoh, sebuah studi tentang kepadatan tulang pada anak-anak dengan diabetes tipe 1, menunjukkan bahwa berpartisipasi dalam aktivitas fisik yang menahan beban selama puncak tahun pertumbuhan tulang dapat meningkatkan kepadatan tulang.

Studi lain pada anak-anak menunjukkan hasil yang serupa.

Manfaat latihan beban dan kekuatan meliputi:

  • Peningkatan kepadatan mineral tulang
  • Peningkatan ukuran tulang
  • Mengurangi peradangan
  • Perlindungan terhadap keropos tulang
  • Peningkatan massa otot

    SumberKOMPAS.com
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm