Ilustrasi
Ilustrasi ( Shutterstock)

Anda Harus Tahu 13 Cara Menurunkan Trigliserida Tinggi Secara Alami

15 Maret 2021 10:53 WIB


SonoraBangka.Id - Trigliserida adalah sejenis lemak yang ditemukan dalam darah. Setelah Anda makan, tubuh Anda mengubah kalori yang tidak Anda butuhkan menjadi trigliserida dan menyimpannya dalam sel lemak untuk digunakan sebagai energi.

Meskipun Anda memang membutuhkan trigliserida untuk memasok energi ke tubuh, memiliki terlalu banyak jenis lemak ini dalam darah tetap saja tidaklah baik. 

Kadar trigliserida tinggi bisa menimbulkan sejumlah gangguan kesehatan. Penelitian telah mengungkap bahwa peningkatan trigliserida dalam darah dapat berkontribusi pada pengerasan dinding arteri yang meningkatkan risiko seseorang terkena stroke, serangan jantung, dan penyakit jantung.

Obesitas, diabetes yang tidak terkontrol, penggunaan alkohol secara teratur, dan diet tinggi kalori, semuanya dapat berkontribusi pada tingkat trigliserida darah yang tinggi.

Berikut ini adalah beberapa cara menurunkan trigliserida tinggi yang baik dilakukan:

1. Turunkan berat badan

Setiap kali Anda makan lebih banyak kalori daripada yang dibutuhkan, tubuh Anda akan mengubah kalori ektra tersebut menjadi trigliserida dan menyimpannya dalam sel lemak.

Itulah mengapa menurunkan berat badan adalah cara efektif untuk menurunkan kadar trigliserida darah Anda.

Faktanya, penelitian telah menunjukkan bahwa menurunkan berat badan 5–10 persen saja dapat menurunkan trigliserida darah sebesar 40 mg/dL (0,45 mmol/L).

Sementara, penelitian lainnya menemukan bahwa penurunan berat badan dapat memiliki efek jangka panjang pada kadar trigliserida darah, bahkan jika berat badan seseorang naik kembali.

Sebuah studi difokuskan pada peserta yang keluar dari program manajemen berat badan. Meskipun berat badan mereka naik kembali sembilan bulan setelahnya, kadar trigliserida darah mereka tetap 24-26 persen lebih rendah.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm