Ilustrasi susah tidur
Ilustrasi susah tidur ( Shutterstock/F8 studio )

Fenomena First Night Effect, Ini Tips Atasi Sulit Tidur di Tempat Baru

6 Juni 2022 14:23 WIB

SonoraBangka.idFirst night effect memang kerap dialami oleh orang-orang. Awalnya, memang perlu beradaptasi dengan lingkungan yang baru.

Saat kita merasa kesulitan tidur di suatu tempat atau suasana baru, maka itulah waktu dimana kita merasakan fenomena first night effect.

Sistem tubuh kamu melacak apapun yang ada di sekitarmu, apakah aman atau justru sebaliknya.

Kesulitan tidur di tempat baru ini memang membuat tidak nyaman, meskipun itu di kamar hotel atau rumah teman.

Oleh karena itu, apa alasan sebenarnya di balik susah tidur nyenyak di tempat baru? Simak penjelasan apa itu first night effect dari Bright Side berikut.

Fenomena First Night Effect

Fenomena berusaha untuk tidur saat berada di lingkungan baru disebut first night effect (FNE) atau efek malam pertama.

Karena menjadi masalah umum bagi banyak manusia, para ilmuwan di Brown University Amerika Serikat menelusuri penyebab FNE yang bisa dijelaskan secara ilmiah.

Penelitian melibatkan 35 sukarelawan sehat. Mereka diundang untuk menghabiskan dua malam di laboratorium dengan jeda satu minggu di antara malam tersebut guna meneliti aktivitas otak mereka.

Peneliti menemukan adanya asimetri pada kedalaman tidur antara bagian otak kiri dan kanan.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm