Ilustrasi sayur lodeh dengan kuah berwarna oranye.
Ilustrasi sayur lodeh dengan kuah berwarna oranye. ( SHUTTERSTOCK/ Hanifah Kurniati)

Hnaya Dengan 2 Langkah, Berikut Cara Membuat Sayur Lodeh Terong

14 Agustus 2022 12:23 WIB

SonoraBangka.id - Sayur lodeh memiliki dua variasi bumbu, terdapat kuah putih dan kuning agak kemerahan. Biasanya terdiri dari bumbu dasar bawang putih, bawang merah, daun salam, lengkuas, santan dan garam. Sayur lodeh merupakan sayur berkuah santan dengan berbagai isian sayur, ikan, ayam, tempe, tahu dan daging. Tambahkan cabai hijau, cabai merah, serta tomat hijau jika ingin lebih pedas dan segar . Kamu juga bisa memanfaatkan bahan sisa seperti tempe kemarin sebagai isian, menambah rasa yang khas. Simak resep lodeh terong berikut ini, dikutip dari buku "Seri Teman Makan Nasi: Sop dan Sayur Lodeh Favorit Keluarga" (2020) karya Indriani PT Gramedia Pustaka Utama.

Resep lodeh terong 

Bahan:

400 gram terong ungu, potong-potong melintang

100 gram daun melinjo

75 gram taoge

250 gram tempe busuk (tempe kemarin), haluskan kasar

2 papan petai, belah dua 

2 sdm ebi, sangrai, haluskan 

3 lembar daun salam

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm