Ilustrasi rempeyek.
Ilustrasi rempeyek. ( DOK.SHUTTERSTOCK/Abel Brata Susilo)

Renyahnya Tahan Lama, Berikut 12 Cara Membuat Peyek Agar Tak Keras

6 April 2023 07:03 WIB

SonoraBangka.id - Rempeyek atau peyek biasa ada di stoples camilan meja ruang tami saat Lebaran. Umumnya, peyek punya tekstur yang renyah dan tidak keras. Namun, beberapa orang mungkin kesulitan untuk membuat adonan peyek yang renyah tahan lama. Kompas.com rangkum sedikitnya ada 12 tips membuat peyek renyah dari takaran adonan hingga cara gorengnya. Simak uraian lengkapnya berikut ini.

1. Gunakan takaran tepung yang tepat

Dilansir dari buku "Buku Seri Wirausaha Kuliner – Paduan Berbisnis Snack Crispy ala Kaki Lima" oleh Team Dapur Lezat terbitan PT Mediantara Infopersada, gunakan takaran tepung yang pas. Kamu bisa menggunakan rasio 2:1 untuk tepung beras dan tepung tapioka.

2. Gunakan tepung beras yang halus

Penggunaan bahan membuat peyek terutama tepung juga harus diperhatikan. Corporate Chef Parador Hotels, Gatot Susanto menyarankan untuk menggunakan tepung beras yang halus. "Itu tepung berasnya harus lembut dan kering. Kalau tradisional itu kan direndam, lalu ditumbuk, kemudian dijemur. Nah itu tumbukannya harus yang lembut. Itu pasti crispy, enggak keras," jelas Gatot.

3. Pakai santan segar

Kamu bisa menggunakan santan kelapa segar untuk membuat peyek agar hasilnya lebih renyah. Selain itu, kamu juga disarankan untuk menggunakan santan kental dari perasan pertama untuk menghasilkan cita rasa yang lebih gurih.

4. Perhatikan tekstur kekentalan adonan peyek

Cara membuat peyek renyah bergantung pada tingkat kekentalan pada adonannya. Pastikan untuk membuat adonan tidak terlalu kental atau pun cair.

5. Saring bumbu peyek

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm