Ilustrasi gula, gula pasir.
Ilustrasi gula, gula pasir. ( SHUTTERSTOCK/AFRICA STUDIO)

Bisa untuk Program Diet, Ini 6 Jenis Karbohidrat yang Harus Dikurangi

3 Desember 2023 06:43 WIB

SonoraBangka.id - Karbohidrat menyehatkan adapula jenis yang kurang menyehatkan, seperti halnya lemak baik dan lemak jahat. Terdapat beberapa jenis makanan mengandung karbohidrat yang dianjurkan konsumsinya daripada karbohidrat jenis lain.

Simak enam jenis karbohidrat yang harus dikurangi, terutama jika ingin diet, dikutip dari majalah "Sedap / ED 03 2014" (2014) karya Sedap terbitan PT Gramedia Pustaka Utama.

1. Gula

Hampir semua jenis makanan dan minuman mengandung gula, kita hanya boleh mengonsumsi gula tidak lebih dari empat sendok makan sehari. Gula di dalam tubuh akan langsung diserap dan diurai menjadi glukosa.

Makin banyak kita memakan gula, makin malas tubuh membakar lemak sehingga makin besar kemungkinan mengalami kegemukan.

2. Fruktosa

Fruktosa merupakan jenis karbohidrat yang langsung diserap di dalam tubuh dan cepat diubah menjadi energi. Biasanya fruktosa dijadikan pengganti gula tetapi efek yang ditimbulkan sama saja, untuk itu lebih baik dikuraingi, apabila terkandung dalam bahan makanan.

Manfaat fruktosa alami yang terkandung pada buah-buahan jauh lebih baik untuk kesehatan, karena disertai serat, vitamin, mineral dan antioksidan.

3. Tepung dan olahannya

Tepung termasuk jenis pati atau karbohidrat yang sudah mengalami proses penghalusan ukuran. Karbohidrat dianggap menyehatkan apabila masih memiliki sifat alaminya, terikat pada serat dan protein.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm