Pesawat Boeing 737 Max-9 milik Lion Air
Pesawat Boeing 737 Max-9 milik Lion Air ( DOKUMENTASI LION AIR)

Imbas Insiden Alaska Airlines, Lion Air Inspeksi Tiga Boeing 737 MAX-9

9 Januari 2024 10:25 WIB

SonoraBangka.ID - Maskapai Lion Air tengah melakukan inspeksi lanjutan pada 3 unit pesawat Boeing 737 MAX-9 imbas insiden lepasnya pintu darurat Alaska Airlines dengan jenis pesawat yang sama pada Jumat (5/1/2024).

Corporate Communications Strategic of Lion Air Danang Mandala Prihantoro mengatakan, sejak 5 Januari 2024 pihaknya telah melakukan langkah-langkah pencegahan.

Danang bilang, inspeksi yang dilakukan berfokus pada pintu darurat di bagian tengah pesawat (mid-cabin emergency exit door) yang melibatkan Mid Cabin Emergency Exit Flight Lock Operational Test.

Uji operasional dilakukan untuk memastikan mekanisme penguncian pintu darurat berfungsi dengan normal sehingga pintu dapat dibuka dan ditutup secara efektif.

Hal ini bertujuan untuk memastikan keselamatan dan keamanan penerbangan dengan mengutamakan evakuasi dapat dilakukan cepat dan aman apabila terjadi situasi darurat.

"Langkah dimaksud merupakan upaya Lion Air memenuhi standar keselamatan penerbangan yang ketat," ujarnya dalam keterangan tertulis, Senin (8/1/2024).

Dia menegaskan, 3 unit Boeing 737 MAX-9 yang dioperasikan Lion Air tidak termasuk dalam kategori pesawat yang mengalami insiden terkait pintu darurat bagian tengah (mid cabin door).

"Boeing 737 MAX-9 Lion Air tidak termasuk dalam kategori perintah keselamatan udara yang memerlukan tindakan segera atau Emergency Airworthiness Directive (EAD) nomor 2024-02-51 yang diterbitkan Federal Aviation Administration (FAA) pada 6 Januari 2024," tegasnya.

EAD tersebut mengharuskan pemeriksaan segera terhadap pesawat Boeing 737 MAX-9 yang memiliki pintu darurat bagian tengah non-aktif (mid cabin door plug). EAD ini berlaku untuk sekitar 171 pesawat di seluruh dunia.

Dia menjelaskan, pesawat Boeing 737 MAX-9 Lion Air memiliki konfigurasi berbeda dengan pesawat Alaska Airlines yang mengalami insiden di Portland, Oregon, Amerika Serikat pada Jumat lalu.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm