Ilustrasi sarapan.(DOK. PIXABAY)
Ilustrasi sarapan.(DOK. PIXABAY) ( KOMPAS.COM)

Apakah Benar Tidak Sarapan Bikin Tubuh Gemuk? Ini Menurut Riset dan Ahli

10 Juni 2024 18:11 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Sarapan merupakan salah satu kegiatan rutin sebagian orang di pagi hari untuk mengisi energi sebelum beraktivitas. 

Tapi, ada juga sebagian orang yang melewatkan sarapan di pagi hari dengan beberapa alasan.

Dikutip dari Healthline, sebagian ahli berpendapat, melewatkan sarapan dapat menyebabkan tubuh menjadi lebih mudah lapar.

Kondisi tersebut dapat memicu makan berlebihan pada waktu makan berikutnya, seperti makan siang dan makan malam.

Meskipun jadi lebih mudah lapar karena tidak sarapan, namun porsi makan selanjutnya diklaim tidak akan dua kali lebih banyak.

Mengurangi asupan 400 kalori per hari

Sejumlah penelitian menunjukkan, melewatkan sarapan dapat mengurangi asupan kalori secara keseluruhan hingga 400 kalori per hari.

Hal ini karena tubuh akan secara efektif menghilangkan satu porsi makanan dari pola makan setiap hari.

Uji coba dilakukan bagi kelompok orang yang kerap melewatkan sarapan di pagi hari.

Penelitian ini dilakukan selama 4 bulan yang membandingkan kelompok orang yang rutin sarapan dan melewatkan sarapan pada 309 pria dan wanita yang kelebihan berat badan atau obesitas.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm