ilustrasi sayur ketupat untuk Lebaran.
ilustrasi sayur ketupat untuk Lebaran. ( SHUTTERSTOCK/Ika Rahma H)

Makanan Utama Saat Idul Fitri, Berikut Cara Membuat Sayur Ketupat

8 April 2023 13:03 WIB

SonoraBangka.id - Ketupat selalu menjadi hidangan utama dalam kuliner Lebaran bagi banyak orang di Indonesia. Biasanya, ketupat disajikan dengan sayur bersantan seperti sayur labu siam dan aneka lauk pelengkap. Kamu bisa menyimak cara membuat sayur ketupat, mulai dari pembuatan ketupat hingga sayur labu siamnya. Resep ketupat untuk delapan hingga 10 buah ini diambil dari buku "Resep Andalan Resto Indonesia - Lontong & Ketupat" (2016) oleh Wahyuni Mulyawati terbitan Gramedia Pustaka Utama. Resep sayur labu siam diambil dari buku "Menu Komplet Hidangan Ketupat Dan Lontong" (2013) oleh Lilly T. Erwin terbitan Gramedia Pustaka Utama. 

Rebusan Resep ketupat

Bahan:

500 gr beras berkualitas baik, cuci dan tiriskan

Kulit ketupat secukupnya

Cara membuat ketupat

1. Ambil sarang atau kulit ketupat, isi dengan beras hingga sepertiga bagiannya penuh. Rebus dalam panci besar hingga ketupat terendam selama empat jam dengan api kompor sedang. 

2. Angkat dan tiriskan, gantung agar airnya tidak menetes.

Resep sayur labu siam

Bahan:

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm